Advertisement
Tanya Jawab

konsep geografi yang akan muncul dalam mengkaji fenomena banjir adalah – CIKIJING.COM

Konsep geografi yang akan muncul dalam mengkaji fenomena banjir adalah …

A. hujan, permukiman, lereng, dan hutan

B. erosi, tebing, air, tanah, dan batuan

C. kerusakan hutan, hujan, sungai, dan sampah

D. sedimentasi, tanah, vegetasi, dan muara

E. sampah, permukiman, dataran rendah, dan erosi

Jawaban

Konsep geografi terdiri dari 10 (sepuluh) konsep, yaitu

Lokasi, sebuah konsep untuk mengkaji letak objek tertentu di permukaan bumi. Lokasi didefinisikan sebagai titik absolut sesuatu.
Jarak, konsep ini sebenarnya masih berkaitan dengan lokasi, namun dinyatakan melalui nominal ukuran garis lurus ke lokasi lainnya serta bisa diukur dengan menggunakan peta. Dengan kata lain, seberapa jauh lokasi satu dengan lokasi lainnya yang dihitung menggunakan nominal melalui peta.
Keterjangkauan, ada sebuah hubungan antara kondisi suatu wilayah atau titik di permukaan bumi dengan sarana transportasi untuk menuju ke sana.
Morfologi, dari kata morfo yang merupakan “bentuk”, konsep morfologi menganalisis tentang bentuk tinggi dan rendahnya wilayah dari permukaan bumi yang diakibatkan oleh hasil pergerakan unsur bawah bumi.
Aglomerasi, konsep ini mengenalkan sebuah persebaran penduduk dan sifatnya menganalisis suatu kelompok pada sebuah wilayah kecil. Dari konsep ini, seseorang yang belajar geografi akan dapat memahami bagaimana sebuah kelompok dapat menyebar di suatu wilayah tertentu.
Pola, melalui konsep ini, pelajaran mengenai bentuk, susunan, serta fenomena persebaran seluruh aspek di atas muka bumi akan dikaji. Kajian tentang konsep pola ini berhubungan dengan apa yang terjadi di atas permukaan bumi melalui siklus tertentu.
Interaksi dan interpendensi ini akan menjelaskan kegiatan sebab akibat serta saling mempengaruhi antara objek, baik itu manusia maupun fenomena lainnya di atas bumi.
Nilai Kegunaan, konsep ini menekankan sebuah keuntungan yang dapat dimiliki oleh masyarakat pada suatu wilayah.
Diferensiasi area, menggambarkan perbedaan antara area/wilayah yang satu dengan lainnya.
Keterkaitan Keruangan, konsep ini menjelaskan mengenai sebuah fenomena yang terjadi di sebuah wilayah, dan ada wilayah lain yang juga terpengaruh.
Untuk fenomena banjir, konsep geografinya adalah konsep keterkaitan keruangan. Fenomena banjir dapat terjadi akibat kerusakan hutan yang tidak dapat menyerap air saat curah hujan yang tinggi dan air hujan tidak dapat ditampung oleh sungai karena adanya penumpukan sampah. Sehingga kerusakan hutan, hujan, sungai,

Baca Juga:  $9 best rukun sholat jum'at - CIKIJING.COM

dan sampah. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Originally posted 2022-03-03 12:15:36.

Itulah tadi jawaban dari konsep geografi yang akan muncul dalam mengkaji fenomena banjir adalah, semoga membantu.

Kemudian, Buk Guru sangat menyarankan siswa sekalian untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu berikut yang harus diperhatikan dalam pendirian usaha adalah dengan penjelasan jawaban dan pembahasan yang lengkap.

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button