Advertisement
BERITA

Tempat Wisata Di Garut Yang Menarik Untuk Dikunjungi

1. Arung Jeram Sungai Cimanuk

Sungai Cimanuk merupakan tempat wisata di Garut yang cocok untuk dikunjungi para pecinta arung jeram. Aliran sungai dan jeramnya yang deras pasti akan memacu adrenalin Anda saat berarung jeram di sungai ini. selain mengarungi sungai, Anda juga bisa melihat panorama alam yang sangat indah dan asri, tak kalah dengan arung jeram di Sukabumi. Arung jeram di Sungai Cimanuk juga mempunyai jeram-jeram bergejolak yang pastinya akan menjadi kegiatan wisata yang mengasyikkan dan membebaskan beban Anda dari rutinitas sehari-hari.

Nah, untuk rute arung jeram sendiri bisa memilih salah satu dari dua rute yang tersedia yaitu yaitu rute Kampung Padarek Kecamatan Boyongbong – Lapang Faris Kecamatan Tarogong Kidul – Janger atau rute Patrol Kecamatan Banyuresmi – Leuwigoong – Sasak Beusi Cibatu. Harga paket arung jeram juga cukup variatif, salah satunya yang paling murah yaitu Rp 350.000 per orang dengan minimal peserta 25 orang. Harga tersebut sudah termasuk perlengkapan arung jeram, pengantaran ke titik awal, bantuan instruktur profesional, lifeguard berpengalaman, perlengkapan keselamatan, asuransi, first aid kit, serta makan siang dan snack. Bagaimana? Anda ingin mencobanya?

2. Curug Sanghyang Taraje

Curug Sanghyang Taraje terletak di Kampung Kombongan, Desa Pakengjeng, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut. Dengan ketinggian aliran air sekitar 90 meter, tempat wisata di Garut ini menawarkan pemandangan air terjun yang sangat indah dengan dua jalur air terjun yang agak sulit dilalui. Oleh karena itu, tidak heran jika wisatawan sering menyebutnya Curug Kembar.

Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat hijau dan asri di sekitar air terjun. Menurut legenda di masyarakat setempat, air terjun Sanghyang Taraje ini adalah tempat Sangkuriang mencapai langit dan mengambil bintang untuk diberikan kepada Dayang Sumbi.

Baca Juga:  16 Cara Alami Ampuh Obat Penyakit Diare

3. Curug Orok

Selain Curug Sanghyang Taraje, ada lagi air terjun yang tak kalah indah di Garut, yaitu Air Terjun Orok. Orok berarti anak dalam bahasa Sunda. Dinamakan demikian karena menurut cerita yang beredar di masyarakat Garut, pernah ada seorang ibu yang melempar orok atau bayi dari atas air terjun.

tetapi, terlepas dari mitos yang ada, tempat wisata di Garut yang terletak di desa Cikandang ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dan sayang untuk dilewatkan. Sebuah air terjun kecil mengalir di sekitar air terjun utama, tinggi dan deras, dari bawah bebatuan yang ditumbuhi semak belukar. Setelah mengunjungi tempat wisata ini, Anda bisa menghabiskan waktu bermain air atau menikmati segarnya udara pegunungan sambil menyeruput kopi panas. Menyenangkan, bukan?

4. Kawah Talaga Bodas

Kawah Talaga Bodas adalah sebuah danau kawah di Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut. Pemandangan di tempat wisata di Garut ini hampir mirip dengan Kawah Putih di Ciwidey, Bandung, hanya saja relatif belum terjamah oleh wisatawan.

Kawah Talaga Bodas berjarak kurang lebih 20,6 km dari pusat kota Garut. Jika menggunakan sepeda motor atau mobil, waktu tempuhnya sekitar 40 menit. Dalam perjalanan menuju Kawah Telaga Bodas, Anda akan disuguhi panorama perbukitan yang begitu menawan dan memanjakan mata. Sejauh mata memandang, Anda akan melihat daerah perbukitan dan kebun yang ditanami berbagai sayuran seperti tomat, kubis, dll.

Begitu sampai di objek wisata Talaga Bodas, Anda bisa menikmati berbagai aktivitas seru seperti hiking, trekking, camping atau mengunjungi pemandian air panas. Jika Anda tiba di pagi hari, Anda akan melihat pemandangan danau yang diselimuti kabut.

Baca Juga:  10 Wisata di Tangerang Yang Terbaru & Hits

5. Kawah Kamojang

Kawah Kamojang adalah salah satu kawah gunung berapi aktif di Garut. Kawah ini terletak di Kecamatan Samarang, Garut pada ketinggian 1.730 meter di atas permukaan laut.

Untuk mencapai Kawah Kamojang ini, ikuti jalur menuju kawasan Samarang dan belok kanan di pertigaan desa Kamojang – Sampireen. Di sepanjang perjalanan, Anda juga bisa melihat tempat wisata lain yang tak kalah menarik, yaitu Kebun Mawar Situpaha dan Kampung Sampireun, karena letaknya yang berhimpitan dengan jalan menuju Kawah Kamojang.

Sesampainya di Kawasan Wisata Kawah Kamojang, Anda akan melihat banyak kawah yang unik. Jika kawah tersebut sama sekali merupakan bekas letusan gunung berapi, maka kawah tempat wisata Garut berbentuk seperti bekas lubang pengeboran atau lubang yang menyemburkan uap panas alami dari dalam bumi.

Beberapa kawah tersebut antara lain Kawah Kereta Api, Kawah Hujan, Kawah Manuk dan masih banyak lagi. Untuk masuk ke objek wisata Kawah Kamojang, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rs. 7.000 pada hari kerja dan Rs. 9500 pada hari libur nasional.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button