Advertisement
KESEHATAN

12 Cara Simple Menghancurkan Karang Gigi Alami

12 Cara Simple Menghancurkan Karang Gigi AlamiKarang gigi ini adalah salah satu kondisi kerusakan ringan gigi yang kalau kita tidak perhatikan secara spesial atau khusus maka akan berdampak pada kerusakan gigi yang parah.

Walaupun karang gigi bisa di hilangkan dengan ke dokter gigi tapi tak ada salahnya dengan mencoba cara alami.

Cara menghilangkan karang gigi secara alami bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan. Ada banyak bahan-bahan yang bisa Anda manfaatkan. Dengan pemakaian rutin, karang gigi bisa hilang. Bahkan risiko pembentukannya pun dapat Anda hindari.

Setelah kami rangkum dari berbagai sumber yang tepat dan terpercaya, inilah 12 Cara Menghancurkan Karang Gigi Alami sebagai berikut.

1. Sikat Gigi Dengan Benar

Cara Simple Menghancurkan Karang Gigi Alami

Sikatlah gigi Anda dengan gerakan memutar dari atas ke bawah. Pastikan Anda menyikat setiap bagian gigi sehingga plak dan sisa makanan yang menempel akan hilang. Mulai dari gigi geraham atau pada sisi belakang di salah satu sisi mulut.

Pastikan Anda tidak menyikat terlalu keras atau menekan gigi. Kebiasaan ini malah akan mengikis permukaan luar gigi (enamel) yang jadi pemicu gigi sensitif.

Jadi, cara membersihkan karang gigi tidak harus dengan menyikat gigi sekuat tenaga.

2. Menggunakan Benang Gigi

Cara Simple Menghancurkan Karang Gigi Alami

Cara membersihkan karang gigi selanjutnya adalah lakukan pembersihan lebih detail dengan menggunakan benang. Tujuannya untuk membersihkan plak yang berada di sela-sela gigi. Benang dapat menjangkau sela-sela gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Lakukan cara ini setelah menyikat gigi untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga:  10 Cara Alami Hilangkan Ketombe Wajib Coba!

3. Cuka Putih

Cara Simple Menghancurkan Karang Gigi Alami

Cara membersihkan karang gigi selanjutnya bisa mengandalkan cuka putih. Ini merupakan cairan asam asetat, yang membuatnya efektif dalam membunuh bakteri mulut dan mencegah infeksi.

Cara membersihkan karang gigi, Anda perlu mencampur dua sendok makan cuka putih dalam setengah ccangkir air hangat. Tambahkan satu sendok garam dan aduk merata.
Lalu berkumurlah dengan campuran tersebut sekali sehari secara teratur, untuk menghilangkan karang gigi yang menumpuk di antara gigi dan gusi.

4. Baking Soda

Cara Simple Menghancurkan Karang Gigi Alami

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan karang gigi yang membandel adalah menggosok gigi dengan menggunakan baking soda. Tidak hanya efektif, cara ini diklaim aman untuk dicoba.

Soda kue mampu untuk menghilangkan plak tanpa merusak enamel gigi Anda. Dalam sebuah studi juga menunjukkan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue lebih efektif mengurangi jumlah plak.

Tak hanya itu, kandungan soda kue dapat melindungi gigi dari kehilangan kalsium serta email. Ditambah dengan adanya sifat antimikroba untuk mencegah kerusakan gigi.

5. Bersihkan Lidah Dengan Rutin

Cara Simple Menghancurkan Karang Gigi Alami

Tahukah Anda bahwa 50 persen bakteri dalam mulut ternyata bersarang di permukaan lidah? Maka itu, membersihkan lidah juga perlu jadi bagian dari rutinitas kita sehari-hari.

Campuran air liur dan bakteri dapat membentuk plak di atas permukaan lidah. Sayangnya, plak ini tidak bisa dihilangkan hanya dengan membilasnya dengan air atau berkumur pakai obat kumur.

Cara terbaik dan paling efektif untuk menghilangkan plak yang menempel di permukaan lidah adalah dengan menyikat lidah.

Gosoklah lidah Anda dari pangkal lidah paling dalam dan tarik perlahan ke depan dalam satu gerakan. Jangan digosok bolak-balik. Ulangi cara ini beberapa kali sampai lidah Anda benar-benar bersih atau kesat.

Baca Juga:  Mengenal Gejala dan Pencegahan Penyakit Pneumonia Yang Diidap Maurizio Sarri

Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian samping lidah. Setelah itu, berkumurlah dengan air bersih.

6. Lidah Buaya

Cara Simple Menghancurkan Karang Gigi Alami

Lidah buaya mengandung antibakteri sehingga cocok jadi cara menghilangkan karang gigi secara alami. Caranya, aplikasikan gel lidah buaya pada gigi. Diamkan dulu selama 10 menit kemudian berkumurlah dengan air.

7. Makan Keju

Cara Simple Menghancurkan Karang Gigi Alami

Mengutip dari Dublin Corners Dental (dublincornersdental.com), karang gigi bisa Anda atasi dengan rutin mengonsumsi keju. Kandungan-kandungan dalam produk olahan susu itu mampu melapisi gigi sehingga karang gigi bisa hilang. Tak hanya itu, keju mampu meningkatkan pH yang mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

8. Berhenti Merokok

Cara Simple Menghancurkan Karang Gigi Alami

Tahukah kamu jika kandungan kimia dalam rokok dapat memicu pembentukkan karang gigi? Bukan hanya bau mulut dan gigi kuning saja, merokok dapat memicu terbentuknya karang gigi berwarna hitam. Selagi melakukan langkah sederhana untuk membersihkan karang gigi, sebaiknya kamu juga berhenti merokok.

9. Menggunakan Minyak Kelapa

Cara Simple Menghancurkan Karang Gigi Alami

Minyak kelapa sangat bermanfaat dalam melindungi gigi. Karena kemampuannya untuk menghilangkan bakteri dan meningkatkan kesehatan mulut.

Cara membersihkan karang gigi dengan minyak kepala cukup ideal untuk menarik minyak yang tertimbun. Lantaran sifat anti-inflamasi dan antioksidannya.

Minyak kelapa juga mengandung asam laurat, asam lemak dengan sifat antimikroba. Sebuah studi dari National Institutes of Health (NIH), melibatkan remaja dengan gingivitis.

Para peserta peneliti mengalami penurunan gejala gingivitis yang signifikan, serta penurunan 50 persen pada karang gigi. Para peneliti percaya itu karena pengurangan plak gigi. Cara membersihkan karang gigi dengan minyak kelapa yakni:

  • Hangatkan 1 sendok makan minyak kelapa.
  • Kumur minyak kelapa di sekitar mulut selama 5-10 menit.
  • Ludahkan minyak kelapa ke tempat sampah atau handuk kertas. Hindari mengeluarkan minyak kelapa ke wastafel, karena dapat menyumbat pipa.
Baca Juga:  2 Cara Share Link Google Drive Android

Selain minyak kelapa, yang efektif lainnya sebagai pengganti:

  • Minyak almond.
  • Minyak zaitun.
  • Minyak wijen.

10. Konsumsi Vitamin C

Cara Simple Menghancurkan Karang Gigi Alami

Selain cara-cara di atas, kamu juga tidak boleh lupa mencukupi asupan vitamin C tubuh. Pasalnya vitamin satu ini sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Mulailah rutin mengonsumsi buah bervitamin C atau gunakan sarinya untuk menyikat gigi.

Caranya mudah, cukup hancurkan buah hingga halus lalu celupkan pasta dan sikat gigi ke dalamnya. Gunakan untuk menyikat gigi selama kurang lebih 2 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

11. Perbanyak Minum Air Putih

Cara Simple Menghancurkan Karang Gigi Alami

Ingin karang gigi hilang dan tidak bertambah parah? Minum air putih bisa jadi solusi. Banyak minum air dapat membantu meningkatkan produksi air liur di dalam mulut.

Air liur berfungsi untuk menjaga kelembapan mulut dan meluruhkan plak dan sisa-sisa makanan yang ada di permukaan gigi. Enzim yang terkandung dalam air liur juga dapat membantu melawan bakteri penyebab infeksi di mulut.

Bila Anda tidak suka dengan rasa air putih, coba menyiasatinya dengan cara lain. Tambahkan irisan buah-buahan segar atau rempah dedaunan dalam air putih, seperti lemon, stroberi, kiwi, jahe, dan lain sebagainya.

12. Bubuk Cengkeh

Cara Simple Menghancurkan Karang Gigi Alami

Cengkih atau cengkeh adalah kuncup bunga kering dengan aroma khas yang menenangkan. Manfaatkan bubuk cengkeh untuk membersihkan karang gigi. Cara mudahnya sebagai berikut:

  • Ambil 1 sendok makan bubuk cengkeh dan tambahkan minyak zaitun secukupnya, hingga membentuk pasta.
  • Oleskan campuran ini pada gigi dan biarkan selama beberapa menit.
  • Lalu bilas dengan berkumur-kumur air hangat. Cengkih akan melawan mikroba di mulut yang menyebabkan karang gigi.

(Sumber)

Itulah artikel tentang 12 Cara Simple Menghancurkan Karang Gigi Alami. Semoga bermanfaat bagi para pembaca dan jangan lupa untuk share ke teman, keluarga, pasangan serta sahabat kalian agar dapat merasakan maanfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button