6 Aplikasi Coding Paling Terbaik di Perangkat PC dan Laptop 2023

Alat pengkodean yang digunakan oleh pemrogram yang ingin membangun aplikasi seringkali berisi baris kode. Semakin lengkap baris kode, semakin baik aplikasi yang dihasilkan. Dengan pengkodean aplikasi, pemrogram dapat memprogram baris kode untuk membuat aplikasi baru.

Alat enkripsi yang berbeda hadir dengan spesifikasi yang berbeda. Ada yang memiliki fungsi sederhana, ada yang memiliki fungsi lengkap, dan ada pula yang menawarkan berbagai plugin tambahan.

Pemrogram sering lebih memilih alat pengkodean yang menggunakan bahasa pemrograman yang cocok dan komprehensif.

Namun yang terpenting adalah aplikasi tersebut harus kompatibel dengan sistem operasi PC yang digunakannya. Juga, jika alat enkripsi cukup ringan, kompatibel (dapat digunakan pada sistem operasi apa pun) dan dapat diintegrasikan dengan program lain, pemrogram akan sangat menyukainya. Ini adalah metode pengkodean pada PC yang dapat Anda gunakan jenis ikon Caris.

1. Sublime Text

Alat enkripsi ini sangat cocok karena dapat digunakan di Windows, Mac, dan Linux. Namun, dari ketiganya, Linux adalah sistem operasi yang paling kompatibel untuk editor teks Sublime. Selain memiliki performa yang maksimal dan konsep yang beragam namun tetap sederhana, Sublime Text benar-benar user-friendly untuk berbagai pengembangan.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis untuk beberapa waktu. Sedangkan untuk mendapatkan fitur lengkap seperti fitur transisi cepat, menyesuaikan item apa saja, masuk ke item apa saja, palet perintah, opsi ganda, mode bebas gangguan, edit terpisah, dan plugin API beserta lisensi aplikasi, Anda akan membayar sekitar 70 dolar AS. .

Sublime Script mudah digunakan bahkan pada perangkat yang dibatasi sumber daya. Aplikasi dengan banyak plugin ini sangat cocok untuk programmer, khususnya web developer. Tertarik untuk mencobanya? Silakan unduh di sini.

2. Visual Code Studio

Alat enkripsi yang juga dibuat oleh Windows ini memiliki tampilan yang sederhana namun elegan. Anda bisa mendapatkan Visual Code Studio secara gratis alias gratis!

Meski tidak membutuhkan biaya, fitur yang ditampilkan cukup kompetitif, seperti shortcut keyboard, pengisian baris kode otomatis, penggunaan mode Zen untuk menyembunyikan menu dan ikon, dan lain-lain. Selain itu, kode dukungan bahasa pemrograman C# telah mampu mendukung banyak bahasa pemrograman.

Apalagi adanya aturan khusus yang memungkinkan untuk berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya. Jadi, alat enkripsi ini dapat memudahkan programmer untuk mencari dan menemukan sendiri kesalahan pada baris kode dengan mengintegrasikan Git dengan debugging. Bagi yang tertarik menggunakan aplikasi ini bisa langsung menuju link ini.

3. Notepad++

Aplikasi coding ini cukup familiar di telinga programmer. Pasalnya, ini adalah aplikasi bawaan Windows yang dikembangkan dari Notepad. Meskipun begitu, aplikasi ini dapat didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas yang dapat ditambahkan banyak plugins. Notepad++ dikenal dengan tampilan jendela tab, sehingga Anda dapat membuka beragam file dalam satu waktu.

Selain itu, aplikasi coding ini memiliki beragam fitur canggih seperti text-shortening, macro recording, shortcut customization, auto-completion dan masih banyak lagi. Notepad++ yang dapat Anda peroleh secara gratis ini memiliki GUI dan berbagai bahasa pemrograman antara lain Assembly, C, Perl, PHP, Python, C++, Java, Javascript, C#, CSS, HTML, Pascal, Ruby, Shell, SQL, VB dan XML. Download di sini.

4. Emacs

Aplikasi coding yang dirilis pada tahun 1975 ini dibuat oleh Richard Stallman bersama Guy L. Steele, Jr, hingga terciptalah singkatan ‘Editor MACroS’. Setelah aplikasi ini, Richard Stallman kembali mengembangkan aplikasi coding yang hingga kini banyak dikenali programmer, yaitu GNU Emacs dan XEmacs.

Aplikasi-aplikasi tersebut dibuat oleh Richard Stallman dengan memakai bahasa pemrograman C dan Lisp. Emacs sendiri hadir dengan mengusung file manager lalu melengkapinya dengan subversion, bzr, git, hg hingga fitur lain diantaranya tampilan email, debugger, maupun berita. Umumnya, aplikasi coding “Emacs” banyak digunakan oleh para pengguna Linux. Mau coba? Silakan unduh di sini.

5. Komodo Edit

Komodo Edit adalah aplikasi coding yang kompatibel dan dapat digunakan pada segala macam sistem operasi, mau itu Windows, Mac OS, atau pun Linux, semuanya bisa!

Aplikasi coding yang diluncurkan pada tahun 2007 ini sudah lama menemani programmer dengan beragam fiturnya yang lengkap dan bahasa pemrograman yang luas meliputi HTML, SQL, CSS, Python, PHP, hingga Ruby. Yuk, download aplikasinya di sini!

6. Atom

Aplikasi coding milik GitHub ini mendukung banyak bahasa dan dilengkapi dengan tampilan yang menarik. Aplikasi yang terdapat pada Windows, Mac OS dan Linux ini bisa dikatakan modular (program yang cukup besar dibagi-bagi menjadi beberapa bagian yang lebih kecil sehingga mudah dipahami dan dapat digunakan kembali).

Karena, Anda dapat dengan mudah menambahkan fitur lainnya dengan menginstall plugins yang tersedia pada aplikasi Atom ini. Beberapa fitur yang dimiliki aplikasi coding satu ini diantaranya teknologi web based, fuzzy finder, TextMate grammars, integrasi dengan Node.js, fast project-wide dan file system browser.

 

You May Also Like