Advertisement
Tanya Jawab

bapak sejarah dunia adalah

bapak sejarah dunia adalah?

Jawaban

Herodotus adalah seorang filsuf dan sejarawan Yunani kuno yang lahir pada tahun 484 SM. Ia berasal dari kota Halicarnassus (sekarang Bodrum, Turki) di Caria. Herodotus merupakan sejarawan pertama yang berhasil mengumpulkan sumber secara sistematis, menguji akurasi, dan menyusunnya dalam bentuk narasi yang terjadi pada masa lampau.

Herodotus tidak mengaku sebagai saksi langsung dari setiap peristiwa besar yang ia tuliskan. Ia melakukan perjalanan melintasi dunia, berbicara dan mengajukan pertanyaan dengan orang-orang lokal yang dia temui, kemudian menuliskannya dalam bentuk narasi. Seperti itulah caranya memperoleh berbagai cerita yang disebut dengan “Sejarah”. Herodotus menghabiskan seluruh hidupnya mengerjakan karya tentang asal-usul dan pelaksanaan Perang Yunani-Persia (499–479 SM) yang disebut “The Histories”. Atas prestasinya tersebut, maka Herodotus diberikan gelar sebagai “Bapak Sejarah Dunia”.

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Baca Juga:  Suatu Istilah Yang Menunjukan Kemudahan Manusia Untuk Menggunakan Suatu Alat Tertentu Atau Objek Buatan Manusia Lainnya Untuk Mencapai Tujuan Tertentu Adalah? - CIKIJING.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button