Advertisement
Tips & TrikTEKNOLOGI

Cara Membuat 2 Akun Gmail di Android, Tutorial 2022

Cara Membuat 2 Akun Gmail di Android – Cara membuat 2 Gmail dalam 1 Smartphone sangat mudah dilakukan, karena tinggal beberapa langkahpun Gmail baru dapat tercipta dengan mudah.

Sebelum masuk ke tutorial lengkapnya, ada baiknya kita mengetahui secara singkat tentang Google Mail itu sendiri. Sudah tahu cara upload di Google Drive? Klik disini jika masih bingung.

Dilansir dari review.bukalapak.com. Gmail merupakan layanan surat elektronik milik Google yang diciptakan oleh Paul Buchheit. Gmail pertama kali diluncurkan dalam bentuk Beta pada tanggal 1 April 2004, namun baru bisa digunakan oleh khalayak umum pada 7 Februari 2007 dan masih dengan versi betanya. Baru pada tanggal 7 Juli 2009, Gmail berhasil muncul dalam versi resmi.

Pasti tidak banyak orang yang tahu bahwa sebenarnya Gmail pada awalnya adalah sebuah perusahaan di Jerman. Yang diketahui kebanyakan orang adalah bahwa Google itu merupakan perusahaan asal Amerika, tapi senyatanya Gmail tidak.

Pada 4 Juli 2005 Google mengumumkan bahwa Gmail Jerman akan melakukan re-branding menjadi Google Mail. Artinya, Gmail milik Jerman diakuisisi oleh Google. Mulai saat itu para pengguna Gmail dari Jerman diberikan alamat email yang berisi domain baru, dan para pengguna yang sudah terdaftar terpaksa untuk menyimpan alamat lama mereka.

Hal serupa juga terjadi pada Gmail di Inggris, pada tanggal 19 Oktober 2005, Gmail Inggris dikonversi menjadi Google Mail dengan alasan yang sama seperti di Jerman. Selesai sengketa nama tersebut, Google mengumumkan kembali nama Gmail di Inggris pada bulan September 2009. Sementara, pada tanggal 3 Mei 2010 Google mengumumkan bahwa domain dengan nama ‘googlemail.com’ akan resmi dihapus.

Baca Juga:  Penjelasan Simple Teknologi Internet 5G & Sejarahnya

Keuntungan memiliki 2 Gmail adalah kita dapat membedakan email yang untuk pribadi dan untuk pekerjaan kita dengan mudah dan gampang.

Cara Membuat 2 Akun Gmail di Android

Dilansir dari harapanrakyat.com, selanjutnya kita akan membagikan beberapa tutorial membuat akun gmail dengan 1 smartphone berikut caranya:

1. Melalui Menu Pengaturan

Cara ini dapat Anda gunakan pada saat Anda ingin mengakses Google Play Store, Google Plus, ataupun Gmail dengan menggunakan akun berbeda.

Sebelumnya, Anda harus menambahkan akun baru terlebih dahulu, maka secara otomatis ketika membuka Play Store akan muncul opsi untuk memilih akun mana yang Anda gunakan, baik dengan Gmail atau Google+.

Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan antara lain:

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting pada perangkat Android Anda
  • Selanjutnya pilih General atau Umum > Accounts > +Add Account (Tambah Akun).
  • Langkah berikutnya pilih Google > Existing (yang sudah ada). Kemudian masukkan alamat email serta password atau pilih New, apabila ingin membuat akun Gmail baru.
  • Berikutnya ikuti petunjuk pada layar hingga selesai dan akun email baru Anda berhasil Anda tambahkan.

2. Melalui Aplikasi Gmail

Cara membuat 2 email dalam 1 Hp selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Gmail.

  • Buka aplikasi Gmail pada perangkat HP
  • Lalu tap menu yang terdapat pada pojok kiri atas.
  • Selanjutnya tap icon segitiga yang terdapat pada sebelah kanan nama akun
  • Pilih +Add Account atau Tambahkan Akun
  • Selanjutnya pilih Google.
  • Berikutnya silahkan Anda “yang sudah ada” atau “baru” apabila ingin buat email baru terlebih dahulu. Ikuti semua langkah hingga proses berhasil.

3. Memanfaatkan Aplikasi Yahoo Mail

Selain menggunakan aplikasi Gmail, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Yahoo Mail untuk dapat membuat 2 email dalam 1 HP Android.

  • Jalankan aplikasi Yahoo Mail pada perangkat HP Android Anda
  • Langkah berikutnya tab menu yang terdapat pada pojok kiri atas.
  • Kemudian pilih Google
  • Lalu masukkan alamat email Gmail Anda, lalu pilih “Berikutnya”
  • Anda akan diminta untuk login ke Gmail, kemudian pilih tombol “Berikutnya”, masukkan kata sandi Gmail Anda dan pilih “Masuk”.
  • Selanjutnya pilih tombol Izinkan
  • Apabila berhasil, maka Anda akan dapat mengakses Gmail dari aplikasi Yahoo.
Baca Juga:  5 Smartphone Samsung Terbaik di Tahun 2022

Jika Anda dapat akses 2 akun email atau lebih, saat akan mengakses aplikasi Gmail atau membuka Google Play Store, maka muncul pilihan ingin menggunakan akun yang mana. Sudah tahu cara untuk share link di Google Drive Android? Jika bingung bisa klik sini.

Itulah artikel tentang Cara Membuat 2 Akun Gmail di Android, Tutorial 2022. Semoga bermanfaat bagi para pembaca dan jangan lupa untuk share ke teman, keluarga, pasangan serta sahabat kalian agar dapat merasakan maanfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button