Advertisement
Tanya Jawab

Pilihlah 2 (dua) atau lebih, jawaban yang benar !Perhatikan bacaan berikut ini ! Indonesia memiliki berbagai jenis tari tradisional, salah satunya tari Gambyong. Tari dengan bentuk Jawa Klasik ini berasal dari Jawa Tengah, tepatnya di wilayah Surakarta. Tari Gambyong adalah tarian yang terdiri dari berbagai macam koreografi dan bukan satu tarian saja. Tari Gambyong juga dikenal dengan nama tari ledhek. Nama ini sendiri diambil dari dasar gerakan tarian yang sama, yakni tayub atau tledek. Dulu, tarian ini hanya dibawakan oleh penari tunggal namun sekarang dibawakan bersama beberapa orang. Seorang penata tari bernama K.R.M.T Wreksadiningrat membawa tarian ini untuk naik tingkat sehingga bisa dipertunjukkan di kalangan bangsawan atau priyayi. Akhirnya, pada tahun 1916-1944, tari Gambyong bisa ditampilkan di lingkungan Istana Mangkunegaran. Manakah yang benar dari beberapa pernyataan di bawah ini? – CIKIJING.COM

Pilihlah 2 (dua) atau lebih, jawaban yang benar !Perhatikan bacaan berikut ini ! Indonesia memiliki berbagai jenis tari tradisional, salah satunya tari Gambyong. Tari dengan bentuk Jawa Klasik ini berasal dari Jawa Tengah, tepatnya di wilayah Surakarta. Tari Gambyong adalah tarian yang terdiri dari berbagai macam koreografi dan bukan satu tarian saja. Tari Gambyong juga dikenal dengan nama tari ledhek. Nama ini sendiri diambil dari dasar gerakan tarian yang sama, yakni tayub atau tledek. Dulu, tarian ini hanya dibawakan oleh penari tunggal namun sekarang dibawakan bersama beberapa orang. Seorang penata tari bernama K.R.M.T Wreksadiningrat membawa tarian ini untuk naik tingkat sehingga bisa dipertunjukkan di kalangan bangsawan atau priyayi. Akhirnya, pada tahun 1916-1944, tari Gambyong bisa ditampilkan di lingkungan Istana Mangkunegaran. Manakah yang benar dari beberapa pernyataan di bawah ini?

  1. Tari Gambyong berasal dari Yogyakarta.
  2. Awalnya tari Gambyong dikenal dengan nama tari Tledhek.
  3. Sejak dahulu tari Gambyong ditarikan secara bersama-sama oleh beberapa orang.
  4. K.R.M.T. Wreksadiningrat membawa tari Gambyong untuk dipertunjukkan di kalangan bangsawan
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: B. Awalnya tari Gambyong dikenal dengan nama tari Tledhek..

Dilansir dari Ensiklopedia, pilihlah 2 (dua) atau lebih, jawaban yang benar !perhatikan bacaan berikut ini ! indonesia memiliki berbagai jenis tari tradisional, salah satunya tari gambyong. tari dengan bentuk jawa klasik ini berasal dari jawa tengah, tepatnya di wilayah surakarta. tari gambyong adalah tarian yang terdiri dari berbagai macam koreografi dan bukan satu tarian saja. tari gambyong juga dikenal dengan nama tari ledhek. nama ini sendiri diambil dari dasar gerakan tarian yang sama, yakni tayub atau tledek. dulu, tarian ini hanya dibawakan oleh penari tunggal namun sekarang dibawakan bersama beberapa orang. seorang penata tari bernama k.r.m.t wreksadiningrat membawa tarian ini untuk naik tingkat sehingga bisa dipertunjukkan di kalangan bangsawan atau priyayi. akhirnya, pada tahun 1916-1944, tari gambyong bisa ditampilkan di lingkungan istana mangkunegaran. manakah yang benar dari beberapa pernyataan di bawah ini awalnya tari gambyong dikenal dengan nama tari tledhek..

Baca Juga:  Ketentuan Pembagian Daging Aqiqah Yang Utama Adalah? - CIKIJING.COM

Itulah tadi jawaban dari Pilihlah 2 (dua) atau lebih, jawaban yang benar !Perhatikan bacaan berikut ini ! Indonesia memiliki berbagai jenis tari tradisional, salah satunya tari Gambyong. Tari dengan bentuk Jawa Klasik ini berasal dari Jawa Tengah, tepatnya di wilayah Surakarta. Tari Gambyong adalah tarian yang terdiri dari berbagai macam koreografi dan bukan satu tarian saja. Tari Gambyong juga dikenal dengan nama tari ledhek. Nama ini sendiri diambil dari dasar gerakan tarian yang sama, yakni tayub atau tledek. Dulu, tarian ini hanya dibawakan oleh penari tunggal namun sekarang dibawakan bersama beberapa orang. Seorang penata tari bernama K.R.M.T Wreksadiningrat membawa tarian ini untuk naik tingkat sehingga bisa dipertunjukkan di kalangan bangsawan atau priyayi. Akhirnya, pada tahun 1916-1944, tari Gambyong bisa ditampilkan di lingkungan Istana Mangkunegaran. Manakah yang benar dari beberapa pernyataan di bawah ini?, semoga membantu.

Kemudian, Buk Guru sangat menyarankan siswa sekalian untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Bacalah puisi berikut!Perpisahan Akhirnya peluit pun dibunyikan Buat penghabisan kali kugenggam jarimu Lewat celah kaca jendela Lalu perlahan-lahan jarak antar kitaMengembang juaDan tinggallah rel-rel, peron dan lampu Yang menggigil di angin senja. Baris ke-6 dan ke-7 puisi tersebut menggunakan majas? dengan penjelasan jawaban dan pembahasan yang lengkap.

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button