Advertisement
KESEHATAN

10 Cara Alami Hilangkan Ketombe Wajib Coba!

10 Cara Alami Hilangkan Ketombe – Munculnya ketombe membuat rasa percaya diri menurun, memicu adanya kerontokan rambut dan gatal yang mengganggu kenyamanan diri.

Apa sih penyebab ketombe bisa muncul pada rambut? Dari kulit kepala berminyak (dermatitis seboroik), kulit kepala kering, infeksi jamur pada kulit kepala, hingga psoriasis. Apabila salah satu penyakit kulit kepala tersebut muncul rasanya selalu ingin menggaruk kepala karena gatal yang tak tertahankan.

Nah hal ini bisa terjadi karena kita hidup di negara tropis dengan cuaca yang cukup panas dan tingkat kelembapan udara yang tinggi.

Kondisi inilah yang akhirnya memicu kelenjar kulit memproduksi keringat dan sebum (minyak) yang cukup banyak, termasuk di kulit kepala. Sehingga menghilangkan ketombe kini bukanlah perkara yang bisa dipandang sebelah mata. Penanganan tersebut haruslah dilakukan secara serius. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan bahan alami.

Ketombe bisa mulai terjadi sejak usia pubertas dan mereda di usia 50 tahunan. Tahukah kamu? Bahwa ketombe bisa dialami oleh 50% orang dewasa dan dominan terjadi pada kulit kepala laki-laki. Ketombe membuat siklus pergantian sel kulit mati cenderung cepat dari siklus yang normal. Tubuh akan terus menerus mengganti sel kulit mati dan mengelupas.

Jika Kamu merasa ketombe di kulit kepala terlihat tidak normal, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan pihak dokter terlebih dahulu.

Cara Alami Hilangkan Ketombe

Ada sejumlah bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal. Meski begitu, perlu diketahui bahwa masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan keefektifan bahan alami yang digunakan sebagai cara ampuh menghilangkan ketombe.

Dilansir dari berbagai sumber yang kami rangkum, berikut adalah 10 Cara Alami Hilangkan Ketombe:

1. Minyak Kelapa

Cara Alami Hilangkan Ketombe

Minyak kelapa merupakan salah satu bahan alami yang sudah lama digunakan secara tradisional untuk menghilangkan ketombe. Jenis minyak ini dapat melembapkan kulit kepala dan rambut serta mencegah kulit kepala kering dan mengelupas.

Baca Juga:  12 Cara Alami Pengusir Semut Serta Doanya

Cara menggunakan minyak kelapa untuk mengatasi ketombe cukup mudah. Oleskan minyak kelapa ke kulit kepala, kemudian pijat secara perlahan dan diamkan selama 15–20 menit. Selain dapat menghilangkan ketombe, minyak kelapa juga baik untuk menghaluskan dan menyuburkan rambut.

2. Lidah buaya

Cara Alami Hilangkan Ketombe

Lidah buaya merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Kandungan antiradang dan antijamur pada lidah buaya diketahui dapat mengatasi peradangan di kulit kepala yang menjadi penyebab munculnya ketombe.

Untuk menghilangkan ketombe, Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya atau lidah buaya segar yang telah dihaluskan ke kulit kepala, lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam. Gunakan lidah buaya secara rutin selama beberapa minggu untuk mendapatkan hasilnya.

3. Cuka Apel

Cara Alami Hilangkan Ketombe

Zat asam pada cuka apel dapat mengangkat sel kulit mati di kepala yang merupakan penyebab munculnya ketombe. Cuka apel juga dapat menyeimbangkan tingkat keasaman atau pH kulit kepala sehingga mampu mengurangi dan menghambat pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

Untuk menggunakan cuka apel sebagai antiketombe, Anda perlu mencampurkan setengah gelas cuka apel dengan 1 gelas air, lalu oleskan di kulit kepala secara merata. Setelah itu, tunggu selama 15 menit dan cuci rambut hingga bersih.

Selain menggunakan bahan-bahan alami, ketombe juga dapat diatasi dengan sampo antiketombe. Pilihlah sampo yang mengandung natrium lauril sulfat (SLS), natrium lauret sulfat (SLES), dimethicone, zinc pyrithione, ketoconazole, asam salisilat, dan natrium benzoat.

Berbagai kandungan tersebut dipercaya dapat menghilangkan ketombe yang muncul dan mencegah kulit kepala kering yang dapat memicu munculnya ketombe.

Selain itu, beberapa sampo antiketombe juga ditambahkan kandungan mentol sehingga tidak hanya sekadar menghilangkan ketombe, tetapi juga mengatasi gatal pada kulit kepala akibat ketombe dan menyegarkan kulit kepala.

4. Soda Kue

Cara Alami Hilangkan Ketombe

Soda kue dapat digunakan untuk mengurangi gatal-gatal dan mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit kepala. Bahan ini juga dapat membasmi jamur penyebab munculnya ketombe.

Baca Juga:  5 Cara Simple Memutihkan Gigi Kuning Dengan Alami

Untuk mendapatkan hasil maksimal, taburkan soda kue secukupnya ke rambut yang basah secara merata, kemudian diamkan selama 1–2 menit sebelum keramas.

5. Gosokkan Garam ke Kepala

Cara Alami Hilangkan Ketombe

Cara menghilangkan ketombe dengan garam adalah jalan pintas paling tepat bagi kamu yang menginginkan hasil cepat. Pasalnya, cara ini termasuk salah satu langkah yang bekerja dengan efektif.

Tekstur garam yang identik dengan scrub bisa menjadi andalan untuk menggosok ketombe dari permukaan kulit kepala. Semuanya bisa dilakukan tanpa merusak rambut.

Untuk kamu yang akan menggunakan garam untuk mengusir ketombe, cukup ambil satu cubit saja. Lalu, taburkan pada area kulit yang bermasalah dan gosok dengan perlahan.

6. Oleskan Jeruk Nipis

Cara Alami Hilangkan Ketombe

Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis dapat kamu lakukan dengan dua cara, yaitu mencampurnya dengan madu atau gula pasir. Kedua metode di atas sama-sama bekerja dengan baik.

Hanya saja, madu lebih sering menjadi pilihan untuk kulit kepala sensitif seperti anak-anak atau orang tua. Selain dapat menghilangkan ketombe, jeruk nipis juga dapat menutrisi rambut dan kulit kepala.

Alasannya adalah kandungannya yang kaya akan vitamin C, B1, B2, B3, dan B5.

7. Oleskan Campuran Bawang Putih

Cara Alami Hilangkan Ketombe

Kandungan antibakteri dalam bawang putih dapat dengan mudah membunuh jamur dan kuman pada kulit kepala. Jamur penyebab ketombe tersebut akan hilang bersamaan dengan kulit mati yang tersisa.

Cara menghilangkan ketombe dengan bawang putih sangat mudah. Haluskan satu atau dua siung bawang putih yang sudah terkupas.

Campurkan dengan jahe dan madu, lalu oleskan pada kulit kepala. Pijat dan gosok dengan perlahan sampai campurannya terasa menyerap lalu bilas menggunakan air hangat.

8. Pijatkan Ramuan Tomat

Cara Alami Hilangkan Ketombe

Bahan alami selanjutnya yang dapat kamu gunakan untuk membersihkan ketombe dari kulit kepala adalah tomat. Ingat, ketombe dapat muncul karena pH kulit kepala yang tidak seimbang.

Ini sering dikarenakan cuaca atau pilihan sampo yang kurang tepat. Nah, buah tomat dapat mengembalikan pH kulit kembali normal setelah menggunakan sampo yang cukup keras.

Baca Juga:  Penyebab Vertigo Serta Cara Mengobatinya

Kamu dibebaskan untuk memilih, karena tomat dapat digunakan sebagai masker rambut ataupun sebagai pengganti sampo. Hancurkan tomat sampai lembut dan campurkan dengan satu sendok minyak kelapa.

Aduk sampai rata dan oleskan pada kulit kepala sampai ujung rambut. Pijat beberapa titik relaksasi seperti area belakang kuping dan ubun-ubun, dan biarkan untuk beberapa menit.

9. Tea Tree Oil

Cara Alami Hilangkan Ketombe

Tea tree oil juga dikenal sebagai bahan alami yang banyak dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan kulit, salah satunya adalah kulit kepala. Hal ini karena tea tree oil memiliki kandungan antimikroba dan anti peradangan yang mampu melawan jamur penyebab ketombe serta dermatitis seboroik dengan efektif.

Maka tak heran juga kalau tea tree oil seringkali dijadikan sebagai salah satu bahan alami yang terdapat pada produk sampo khusus ketombe. Untuk menggunakannya, simak caranya berikut ini:

  • Campurkan 2-3 tetes tea tree oil dengan 3 tetes minyak kelapa, kemudian tuangkan ke kapas bersih.
  • Setelah itu, oleskan pada kulit kepala secara merata.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini sebanyak tiga kali dalam seminggu. Namun perlu diingat, jika kamu termasuk salah satu perempuan berkulit sensitif, sebaiknya perlu berhati-hati dalam menggunakannya ya.

Pasalnya, penggunaan tea tree oil mungkin saja menimbulkan iritasi pada kulit bagi beberapa orang. So, kenali dulu kondisi kulit kamu sebelum menggunakannya, ya!

10. Minyak Zaitun

Cara Alami Hilangkan Ketombe

Minyak zaitun juga terkenal ampuh untuk mengatasi ketombe secara alami. Caranya, tuangkan 10 tetes minyak zaitun di telapak tangan. Oleskan minyak sambil pijat ke seluruh bagian kulit kepala dengan gerakan memutar dan secara perlahan.

Lindungi kepala dengan shower cap, dan biarkan semalaman. Esok harinya, kamu tinggal mencuci rambut seperti biasa dan pastikan tidak ada bekas minyak zaitun yang tertinggal.

Sudah tahu cara menghilangkan karang gigi secara alami? Jika belum, wajib lihat artikel sini.

Itulah artikel tentang 10 Cara Alami Hilangkan Ketombe. Semoga bermanfaat bagi para pembaca dan jangan lupa untuk share ke teman, keluarga, pasangan serta sahabat kalian agar dapat merasakan maanfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button