Tanya Jawab

Relevansi kesesuaian pelaksanaan hukuman mati dengan penegakan hak asasi manusia – CIKIJING.COM

Relevansi kesesuaian pelaksanaan hukuman mati dengan penegakan hak asasi manusia

Jawab:

Hukuman mati merupakan hal yang melanggar HAM, namun hukuman mati baik ditegakkan agar menjadi contoh buat yang lain agar tidak melakukan kejahatan yang sama. Tetapi karena di Indonesia masih banyak yang melakukan penyalahgunaan narkoba, maka pelaksanaan hukuman mati tersebut tidak masalah untuk dilakukan atau diterapkan. Apabila jika tidak ditegaskan dengan hukuman tersebut, maka nanti akan semakin banyak korban, sehingga dengan dilakukan hukuman mati jumlah kasus narkoba di Indonesia perlahan akan menurun.

Pembahasan

HAM (Hak Asasi Manusia) adalah hak dasar atau pokok yang dibawa oleh manusia sejak lahir yang secara kodrat melekat pada setiap manusia dan tidak dapat diganggu gugat karena merupakan anugerah Tuhan yang maha Esa.

Ciri-ciri hak asasi manusia antara lain adalah:

  • Otomatis ada pada diri manusia tanpa harus membeli meminta ataupun hasil variasi dari orang lain karena HAM mutlak ada pada diri manusia sejak lahir sebagai anugerah dari Tuhan YME.
  • Berlaku untuk siapa saja tanpa memandang bulu jenis kelamin, ras, suku, agama, status sosial, asal-usul atau daerah kelahiran, warna kulit, etnis, pandangan politik ataupun budaya yang dianutnya.
  • Tidak bisa serta tidak boleh dilanggar.

Terimakasih telah melihat kategori tanya jawab di CIKIJING.COM

Baca Juga:  Santi, Dina Dan Bela Adalah Siswa Kelas 4 SD Kusuma Bangsa. Santi Beragama Hindu, Dina Beragama Islam Dan Bela Beragama Katolik. Meskipun Berbeda Agama, Mereka Selalu Terlihat Rukun Dan Akrab. Hal Ini Menunjukkan Bahwa Keragaman Yang Ada Antar Teman Di Sekolah Itu Sebaiknya? - CIKIJING.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button