Advertisement
APLIKASI

Tips Memilih Aplikasi Kasir Online Terbaik Untuk Menunjang Kesuksesan Bisnis Anda Aplikasi Terbaik

Aplikasi Kasir Online Terbaik – Di era teknologi sekarang ini sudah sangat jarang penggunaan mesin kasir tradisional untuk melayani penjualan dan pemrosesan pembayaran. Sekarang, pelaku bisnis retail sudah menggunakan aplikasi kasir untuk menghitung jumlah total pembelian, menyajikan faktur, dan memungkinkan pelanggan memilih metode pembayaran. Software atau Aplikasi Kasir juga sudah berbasis cloud, artinya informasi keuangan dan transaksi anda aman dari akses yang tidak sah.

Karena manfaat ini, sebuah laporan oleh Mordor Intelligence menunjukkan bahwa pada tahun 2025, nilai pasar aplikasi kasir dapat mencapai $29,09 miliar (sumber). Tetapi dengan banyaknya aplikasi yang tersedia di pasar, memilih salah satu yang tepat mungkin tampak sulit.

Memilih Aplikasi Kasir Online atau Offline yang tepat untuk toko ritel anda terkadang sulit. Banyak aplikasi tersedia di pasar, itulah sebabnya penting untuk melakukan penelitian menyeluruh terhadap aplikasi yang cocok untuk bisnis Anda.

Tips untuk memilih aplikasi kasir online terbaik yang tepat

Menyiapkan aplikasi kasir memerlukan banyak penelitian, berikut adalah enam tips yang harus diikuti untuk memilih pilihan aplikasi kasir yang baik:

Pastikan untuk Memilih Aplikasi Kasir Sesuai Dengan Bisnis Anda

Di atas segalanya, pastikan untuk memilih Aplikasi Kasir yang dibuat untuk kebutuhan spesifik bisnis anda. Ada beberapa bisnis yang mungkin memerlukan Aplikasi Kasir untuk mengelola operasi bisnis mereka, dan ini termasuk hotel, jasa, ritel, toko bahan makanan, restoran, dan cafe. Seperti yang dapat Anda bayangkan, masing-masing bisnis ini memiliki kebutuhan yang sangat berbeda. Toko ritel memerlukan manajemen inventaris yang kuat, sedangkan restoran perlu mengelola meja, dan hotel perlu mengelola reservasi, jadilah yang terbaik di semuanya, itulah mengapa memilih Aplikasi Kasir yang disesuaikan dengan bisnis Anda itu penting.

Baca Juga:  My Pierwsza Brygada Autor - BibliaCytaty Aplikasi Terbaik

Ritel terutama ditentukan oleh toko yang menjual produk atau layanan di dalam toko atau online.

Namun, bisnis ritel tidak memerlukan perangkat lunak yang menawarkan fitur manajemen alkohol seperti restoran atau bar.

Oleh karena itu, penting bagi bisnis untuk memilih Aplikasi Kasir yang tepat untuk bisnis spesifiknya, jika tidak, kebutuhannya tidak mungkin terpenuhi dengan baik.

Tentukan Kebutuhan Spesifik Bisnis Anda

Sebelum meninjau opsi yang tersedia untuk aplikasi kasir online terbaik, Anda harus menentukan fitur, fungsi, dan layanan yang diperlukan untuk mengelola toko ritel Anda.

Pertama, Anda harus menentukan status bisnis Anda.

  • Mulai dari awal untuk usaha baru
  • Upgrade dari mesin kasir lama
  • Beralih ke sistem Aplikasi Kasir yang berbeda sepenuhnya

Kemudian, klasifikasikan titik masalah yang paling signifikan, seperti antrian panjang yang disebabkan oleh pemrosesan transaksi yang lambat, kesulitan mengelola inventaris, atau pelaporan yang tidak akurat. Dari sana, dapat disimpulkan tugas apa yang dapat disederhanakan oleh sistem Aplikasi Kasir dengan fitur yang dibutuhkan.

Jika memiliki jaringan toko, atau banyak toko dan gudang, sistem yang menawarkan solusi Aplikasi Kasir multi-toko akan menguntungkan untuk model bisnis Anda. Sebaliknya, jika Anda hanya memiliki satu toko, cukup aplikasi yang single user. Beberapa toko seperti waralaba, atau jaringan perusahaan, misalnya, memerlukan manajemen inventaris di tempat, manajemen promosi yang efisien, penetapan harga standar, atau bahkan manajemen jaringan terpusat. Untuk mobilitas dan sentralisasi data yang lebih banyak atau bahkan fitur cross-selling untuk mendorong penjualan.

Pilih Yang Memiliki Paket Harga Yang Transparan

Disarankan juga untuk melakukan riset pasar secara menyeluruh karena ada banyak perusahaan penyedia aplikasi yang tersedia di pasar. Pastikan anda memilih yang menjelaskan biaya yang harus dikeluarkan sesuai kebutuhan pada bisnis anda.

Baca Juga:  Puan Maharani Bersama Cak Imin Berziarah ke Makam Taufiq Kiemas di TMP Kalibata Aplikasi Terbaik

Di pasaran, tersedia banyak pilihan. Pastikan anda memahami perbedaannya

  • Membeli lisensi perangkat lunak
  • Instalasi lokal yang membutuhkan investasi besar dalam perangkat keras
  • Membayar biaya layanan tahunan
  • Menandatangani kontrak multi-tahun

Selain itu, pembaruan aplikasi dan dukungan pelanggan terkadang tidak disertakan dalam paket. Saat memilih sistem Aplikasi Kasir, Anda harus mengetahui kemungkinan biaya tambahan.

Sebaliknya, sebagian besar aplikasi kasir online terbaik berbasis cloud yang lebih baru menawarkan layanan mereka untuk berlangganan bulanan atau tahunan. Sebagian besar menawarkan harga berjenjang agar sesuai dengan ukuran bisnis yang berbeda: paket yang lebih terjangkau untuk kebutuhan dasar perusahaan rintisan dan UKM, dengan biaya yang wajar atau paket harga khusus untuk bisnis yang lebih besar dengan persyaratan yang lebih kompleks. Harga diskon juga mungkin tersedia jika Anda memilih untuk membayar setiap tahun.

Setiap perusahaan memiliki caranya sendiri untuk menginformasikan harga kepada pelanggannya. Informasi harga sering diposting secara online sehingga Anda dapat memeriksa berapa biaya layanan dan fitur apa saja yang termasuk dalam setiap tingkatan. Tapi kadang anda perlu waktu untuk melakukan penelitian untuk mendapatkan keputusan. Hemat waktu anda dengan dengan berbicara langsung dengan perusahaan Aplikasi Kasir yang anda minati. Ini tidak hanya akan memberi Anda pemahaman tentang budaya perusahaan mereka, tetapi juga membantu Anda lebih memahami bagaimana mereka mendekati prospek mereka.

Temukan Proses Orientasi yang Disesuaikan dengan Kebutuhan Anda

Sebagian besar bisnis mengabaikan proses orientasi yang penting ketika menanyakan apa yang harus dipertimbangkan saat membeli aplikasi kasri. Orientasi dengan benar sangat penting untuk memulai dengan langkah yang benar. Pilih aplikasi yang menawarkan waktu pelatihan dan fitur migrasi

Pastikan Mendukung Sistem Integrasi

Sistem Aplikasi Kasir Anda membantu Anda menjalankan dan mengelola operasi sehari-hari Anda, jadi memastikannya memiliki semua fitur dan integrasi yang diperlukan agar toko Anda berjalan dengan lancar sangat penting.

Baca Juga:  Tutorial Cara Menggunakan WhatsApp di PC dan Laptop Aplikasi Terbaik

Sistem Aplikasi Kasir dapat melakukan banyak hal, tetapi tidak dapat melakukan semuanya atau menjadi yang terbaik dalam segala hal. Oleh karena itu, kemampuan untuk terhubung ke layanan lain sangat penting. Lihat apakah mungkin untuk mengintegrasikan layanan eksternal (berkat open API) atau tidak. Mungkin Anda ingin menghubungkan perangkat lunak tempat penjualan Anda ke salah satu layanan berikut:

  • eCommerce
  • Warehouse Management
  • Accounting
  • CRM
  • ERP
  • Marketing
  • Marketplaces

Jadi, jika Anda tahu bahwa mengintegrasikan perangkat lunak lain adalah kunci bagi bisnis Anda untuk mengoptimalkan operasi, maka pastikan Aplikasi Kasir yang Anda pilih menawarkan integrasi atau memiliki API terbuka.

Pelajari Tentang Dukungan Pelanggan dan Pengembangan Berkelanjutan

Meskipun Anda mungkin mengambil tindakan pencegahan untuk memastikan pelatihan dan integrasi aplikasi baru Anda dilakukan dengan hati-hati, mungkin saja, seperti dalam perangkat lunak apa pun, untuk menghadapi pertanyaan atau masalah di kemudian hari.

Inilah sebabnya mengapa Anda harus mencari solusi Aplikasi Kasir yang menawarkan dukungan pelanggan berkelanjutan yang dapat Anda andalkan jika terjadi masalah.Idealnya, pemasok Anda harus mengizinkan Anda mendapatkan jawaban dengan berbagai cara:

  • Telepon
  • Sistem tiket
  • Email
  • Dasar pengetahuan

Pengembangan aplikasi kasir yang berkelanjutan diperlukan agar selalu up to date dalam hal keamanan dan kecepatan Pastikan untuk memeriksa dengan pemasok Anda apakah pembaruan akan otomatis, teratur, dan disediakan oleh aplikasi kasir Anda. Aplikasi terkini sangat penting untuk memberikan pertahanan yang lebih baik terhadap ancaman eksternal.

Pastikan juga Anda berurusan dengan aplikasi kasir online terbaik yang menggunakan situs aman melalui perlindungan SSL, salah satu protokol keamanan paling populer yang menciptakan saluran aman, biasanya ketika browser harus terhubung ke server Web, atau ketika dua mesin berkomunikasi satu sama lain. di Internet (sumber).

Terakhir, adalah bijaksana untuk menginstal antivirus pada peralatan Anda. Ini dapat memberikan keamanan tambahan pada perangkat keras di dalam toko Anda.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button