Advertisement
Tanya Jawab

Penjelasan siswa dalam menyelesaikan masalah yang ditunjukkan dua gambar berikut adalah benar, Banyak kendaraan sepeda motor di jalan raya suatu kecamatan lebih banyak jika dibandingkan mobil dengan perbandingan 9 terhadap 5 ? (Kunci Jawaban) – CIKIJING.COM

Penjelasan siswa dalam menyelesaikan masalah yang ditunjukkan dua gambar berikut adalah benar, Kendaraan sepeda motor di jalan raya suatu kecamatan lebih banyak jika dibandingkan mobil dengan perbandingan 9 terhadap 5, Terdapat 180 sepeda motor di kecamatan tersebut, Berapakah banyak mobil di kecamatan tersebut ? kemudian ditanyakan a sampai e.

Kalau kalian perhatikan cara yang dipakai oleh Rima itu dengan cara mengkali bilangan agar sama dengan pecahan kanan.

Sedangkan Dini juga menggunakan pecahan senilai, hanya saja caranya dengan mengubah menjadi pecahan senilai lainnya hingga sama dengan pecahan yang bilangannya 180.

Untuk mengerjakan soal a, sampai d simak penjelasan di bawah ini.

Penjelasan siswa dalam menyelesaikan masalah yang ditunjukkan dua gambar berikut adalah benar, Kendaraan sepeda motor di jalan raya suatu kecamatan lebih banyak jika dibandingkan mobil dengan perbandingan 9 terhadap 5, Terdapat 180 sepeda motor di kecamatan tersebut, Berapakah banyak mobil di kecamatan tersebut ?

Penjelasan siswa-siswa dalam menyelesaikan masalah yang ditunjukkan dua gambar berikut adalah benar, Banyak kendaraan sepeda motor di jalan raya suatu kecamatan lebih banyak jika dibandingkan mobil dengan perbandingan 9 terhadap 5ap 5

a. Mengapa Rima mengalikan 20/20 ?, Bagaimana dia memperoleh 20 sebagai pengalinya?

Jawab:

Baca Juga:  Nama Ayah BP? - Prawone.com - CIKIJING.COM

Rima mengalikan 20/20 karena cara yang digunakan Rima adalah membuat perbandingan bilangan pecahan pada sisi kiri yang memiliki nilai sama dengan pecahan di sisi kanan, sehingga untuk mengubah pecahan tersebut agar sama dengan pecahan sisi kiri harus dikali dengan 20/20.

Rima memperoleh angka 20 sebagai bilangan yang dikalikan adalah dengan cara membagi pembilangan pecahan sisi kanan dengan pembilangan pecahan sisi kiri. Pembilang = 180 : 9 = 20.

b. Apakah penyelesaian Rima ini Benar? Jelaskan.

Jawab:

Iya, penyelesaian Rima benar, sebab Rima menggunakan konep pecahan senilai yaitu dengan mengkalikan penyebut dan pembilang dengan 20 sehingga nilainya sama dengan pembilang dan penyebut pada pecahan sisi kanan.

c. Strategi apa yang digunakan oleh Dini?

Jawab:

Stategi yang digunakan oleh Dini untuk menyelesaikan permasalahan tersebut sama dengan yang digunakan oleh Rima yaitu dengan menggunakan konsep pecahan senilai. Hanya saja langkah yang digunakan berbeda, sebab Dini mengubah perbandingan mobil dan motor 5/9 menjadi 50/90 kemudian diubah lagi menjadi pecahan senilai lain 100/180.

d. Mengapa Dini dapat menyatakan bahwa jawabannya benar?

Jawab:

Dini dapat menyatakan bahwa jawabannya benar karena letak perbandingan mobil terhadap motor sama dengan perbandingan yang lainnya, 100/180 yang nilainya sama dengan 5/9.

e. Apakah sama jika masalah di atas diselesaikan oleh Randi dengan cara seperti berikut.

Jawab:

Penjelasan siswa-siswa dalam menyelesaikan masalah yang ditunjukkan dua gambar berikut adalah benar, Banyak kendaraan sepeda motor di jalan raya suatu kecamatan lebih banyak jika dibandingkan mobil dengan perbandingan 9 terhadap 5

Iya, cara penyelesaian yang digunakan Randi memiliki makna yang sama untuk menyelesaikan masalah terebut, sehingga cara yang digunakan juga benar.

Nah, begitulah jawabannya teman-teman. Sebab pada belajar online kali ini, kata kuncinya ada pada rasio atau perbandingan.

Yang mana dituliskan dalam bentuk pecahan, maka caranya dengan membuat pecahan senilai. Selama bilangan pada perbandingannya sesuai, misal motor dengan mobil atau sebaliknya, ya hasilnya tetap akan sama.

Baca Juga:  Perhatikan Teks Bacaan Berikut! Pak Minan Sibuk Mengumpulkan Sampah Daun-daun Kering, Lalu Memasukkannya Ke Mesin Penghancur Sampah. Seorang Temannya Mengatur Serpihan Sampah Dedaunan Yang Sudah Sepekan Difermentasikan. Dengan Peralatan Sederhana, Pak Minan Dan Temannya Mengolah Sampah Menjadi Kompos.Kalimat Tanya Yang Tepat Sesuai Bacaan Tersebut Adalah? - CIKIJING.COM

Verifikasi

Penjelasan siswa dalam menyelesaikan masalah yang ditunjukkan dua gambar berikut adalah benar, Banyak kendaraan sepeda motor di jalan raya suatu kecamatan lebih banyak jika dibandingkan mobil dengan perbandingan 9 terhadap 5

Berikut kunci jawaban gurunya:
Penjelasan siswa dalam menyelesaikan masalah yang ditunjukkan dua gambar berikut adalah benar, Kendaraan sepeda motor di jalan raya suatu kecamatan lebih banyak jika dibandingkan mobil dengan perbandingan 9 terhadap 5, Terdapat 180 sepeda motor di kecamatan tersebut, Berapakah banyak mobil di kecamatan tersebut

Jawaban diverifikasi BENAR 💯

Tanya jawab, Jawaban sekolah, Jawaban ujian, Jawaban SD, Jawaban SMP, Jawaban SMA, Jawaban Kuliah, Soal Jawaban, Ujian SD, Ujian SMP, Ujian SMA, Ujian Kuliah, Ujian SMK, Jawaban SMK, Kunci jawaban.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button