Advertisement
Tanya Jawab

wilayah formal dan fungsional – Hack.ac.id – CIKIJING.COM

Apakah hubungan wilayah formal dan fungsional?

jawaban

Wilayah merupakan suatu konsep yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mengorganisasi daerah (area) di muka bumi untuk berbagai tujuan. Suatu wilayah mempunyai karakteristik tertentu yang memberikan ukuran-ukuran kesamaan dan perbedaan dengan wilayah lain. Kemudian, pembedaan wilayah di bumi dibagi menjadi dua yaitu sebagai berikut :
1. Wilayah formal : merupakan wilayah yang dicirikan berdasarkan keseragaman atau homogenitas tertentu. Sehingga, pada umumnya wilayah formal sering pula disebut dengan wilayah seragam (uniform region). Homogenitas dari wilayah formal dapat ditinjau berdasarkan kriteria fisik ataupun kriteria sosial budaya. Wilayah formal berdasarkan kriteria fisik didasarkan pada kesamaan topografi, jenis batuan, iklim, dan vegetasi. Misalnya, wilayah pegunungan kapur (karst), wilayah beriklim dingin, dan wilayah vegetasi mangrove. Kemudian wilayah formal berdasarkan kriteria sosial budaya, seperti wilayah suku Asmat, wilayah industri tekstil, wilayah Kesultanan Yogyakarta, dan wilayah pertanian sawah basah.
2. Wilayah fungsional : merupakan wilayah yang dicirikan oleh adanya kegiatan yang saling berhubungan antara beberapa pusat kegiatan secara fungsional. Misalnya, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) yang secara fisik memiliki kondisi yang berbeda (heterogen) namun secara fungsional saling berhubungan dalam memenuhi kebutuhan hidup penduduk di setiap wilayah.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara wilayah formal dan fungsional, karena kedua pembagian wilayah tersebut memiliki karakteristik yang berbeda.

Originally posted 2022-03-03 12:32:34.

Itulah tadi jawaban dari wilayah formal dan fungsional, semoga membantu.

Kemudian, Buk Guru sangat menyarankan siswa sekalian untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu the purpose of the invitation text about is dengan penjelasan jawaban dan pembahasan yang lengkap.

Terimakasih telah melihat artikel Tanya Jawab, semoga bermanfaat bagi para pembaca Cikijing.com.

Baca Juga:  Alasan Suatu bangsa mempunyai pandangan hidup adalah?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button