Advertisement
BERITA

Sirkuit Mandalika Kebanggan Indonesia dan Fakta Unik Dibaliknya

CIKIJING – Sirkuit Mandalika Kebanggan Indonesia dan Fakta Unik Dibaliknya. Sirkuit Mandalika adalah sirkuit motoGP Indonesia yang cukup bergengsi. Nama sirkuit Mandalika ini sendiri diambil dari kawasan sirkuit itu berada, yaitu Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Tak hanya memberi sensasi tontonan beradrenalin tinggi saja, sirkuit Mandalika juga menyajikan pemandangan indah yang langsung mengarah pada perbukitan dan kawasan pantai. Sebuah perpaduan yang pas untuk menyajikan pariwisata berkualitas.

Dengan luas 1.075 hektar, ternyata Pertamina Mandalika International Street Circuit ini punya fakta unik lain yang bikin anda merasa takjub dan fakta no. 6 akan membuat anda geleng-geleng kepala sambil tertawa.

Penasaran?! Simak dibawah sebagai berikut :

1. Dapat 3 Rekor Muri

3 Rekor Muri

Mendapatkan tiga rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), yakni pengaspalan menggunakan teknologi building information modelling (BIM) dengan volume terbanyak. Kemudian, pembangunan sirkuit pertama standar Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM), dan yang ketiga yaitu lintasan sirkuit tercepat.

2. Terletak Di Kawasan Wisata

Kawasan Wisata Mandalika

Merupakan bagian tak terpisahkan dari Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika yang dicanangkan pemerintah Indonesia sebagai “Bali Baru”. Sirkuit ini dikelilingi sederet tempat wisata, seperti Bukit Merese, Pantai Tanjung Aan, Pantai Seger, Pantai Kuta Mandalika, Pantai Gerupuk, hingga Desa Adat Sade dan Desa Adat Ende.

Hal ini membuat Sirkuit Mandalika memiliki kelebihan dibanding sirkuit lain karena membuat para pembalap dapat sekaligus merasakan sensasi liburan.

3. Aspal Anti Licin Menggunakan Teknologi Terbaru

Aspal Mandalika

ITDC dan MGPA menunjukkan keseriusannya dan ingin memberikan yang terbaik kepada para pembalap dunia. Ini dilakukan dengan memilih Stone Mastic Asphalt (SMA) sebagai permukaan aspal trek.

Baca Juga:  6 Cara Tingkatkan Pendengaran Secara Alami

Stone Mastic Asphalt merupakan aspal pengembangan terbaru dari Inggris yang memiliki banyak keunggulan, salah satunya adalah cepat kering ketika kondisi basah.

Aspal jenis SMA memiliki tekstur yang lebih kasar dan juga diklaim bisa menahan kecepatan hingga lebih dari 360 km/jam, berbeda dengan aspal biasa yang hanya mampu menahan kecepatan sekitar 120 km/jam.

4. Area Run-Off Di Hiasi Motif Batik

Motif Batik Area Run Off

Mempunyai keunikan sendiri diantara sirkuit lain, yaitu dengan motif batik di area run-off yang semakin membuat kita bangga sebagai warga Indonesia karena ada motif batik yang seperti memperkenalkan Batik ke seluruh dunia.

5. Memakai Bangunan Pit-Stop Modular

Pit Stop Mandalika

Mempunyai bangunan pit-stop yang tidak permanen, dapat dibongkar-pasang. Bangunan tersebut 100% hasil dari produk dalam negeri.

Bangunan pit-stop memiliki garasi pada lantai dasar, tribun penonton di lantai dua, dan lantai tiga yang berisi fasilitas pendukung yang lain. Pit-stop ini memerlukan waktu pembangunan selama 1,5 bulan.

6. Marc Marquez Suka Gorengan

Marc Marquez Makan Gorengan Tempe

Marc Marquez pembalap asal Spanyol ini ternyata suka dengan makanan gorengan. Foto inipun viral di media sosial karena hal ini, tidak disangka orang bule suka ngemil gorengan.

Terimakasih telah melihat artikel tentang Sirkuit Mandalika Kebanggan Indonesia dan Fakta Unik Dibaliknya, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button